BURHAN TADJUDIN

 

DIREKTUR PT. BUMI MAKMUR SELARAS (GROUP)

MENGEMBANGKAN BISNIS PERTAMBANGAN YANG BAIK DAN MEMBERI KESEJAHTERAAN BAGI MASYARAKAT INDONESIA

BurhanMengawali usahanya di bidang pertambangan, Burhan Tadjudin, Direktur PT. Bumi Makmur Selaras (Group) mengungkapkan bahwa pada awal mula usahanya berdiri, perusahaan hanya didukung oleh beberapa instansi dan sumber daya manusia saja. Kendati demikian, pihaknya selalu berupaya untuk mempertahankan eksistensi perusahaan dengan terus berusaha untuk mencari daerah baru yang berpotensi dan dapat dikembangkan menjadi usaha baru. Dengan memiliki daerah baru yang berberpotensi dan dapat dikembangkan, maka perusahaan dapat berkembang dengan pesat di bidang pertambangan. “ Saya ingin usaha ini berkebang, bukan hanya dalam komeditas nikel saja, tapi juga dalam komoditas mineral lainnya, “ ungkapnya.

Untuk mendapatkan komoditas dan daerah baru yang berpotensi, setiap tahun perusahaan selalu melakukan peninjauan ke seluruh wilayah Indonesia, baik yang berada di wilayah barat, tengah, maupun timur Indonesia. Setelah berulang kali melakukan penimjauan, akhirnya pada tahun 2006 kami mendapatkan lokasi di daerah Indonesia Timur dan mulai memproduksi nikel. “ Akhirnya kami mendapatkan lokasi yang dituju,: ujarnya.

Hiingga saat ini, perusahaan telah melakukan 79 kali pengapalan nikel. “ Hal ini baik untuk perusahaan dan masyarakat, serta membuka peluang untuk komoditas lainnya.

Sejalan dengan hal tersebut, saat ini perusahaan telah berhasil mengembangkan sayap dengan mendapatkan komoditas dan daerah baru yang berpotensi. “Wilayah Sumatera berhasil kami dapatkan untuk dijadikan kawasan usaha emas. Dengan luas wilayah yang cukup besar tersebut, kami memiliki peluang yang besar dan saaat ini sedang dilakukan eksplorasi. Selain Sumatera, Halmahera Tengah juga sedang kami lakukan tahapan peninjauan dan eksplorasi non produksi guna menentukan apakah batubara yang ada cukup ekonomis untuk ditambang.”

Pada tahun 2012 yang lalu. PT. Bumi Makmur Selaras (Group) telah mempersiapkan diri membangun Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) dan Pabrik Pengolahan Nikel (Smelter) di daerah Sulawesi Tenggara. Adapun tujuan dari pembangunan PLTU dan Smelter tersebut adalah memberikan nilai tambah dari mineral itu sendiri dan meningkatkan keterampilan dari tenaga kerja Indonesia. “Selama ini bidang pertambangan masih didominasi oleh perusahaan asing, untuk itu kenapa bukan kita yang mengembangkan bidang tersebut drhingga kita bisa bersaing” kata Burhan.

Sektor pertambangan di Indonesia harus terus ditingkatkan agar pertumbuhan ekonomi negeri ini bangkit. Dengan investasi yang tepat sasaran di bidang pertambangan, diharapkan dapat mengembangkan bisnis pertambangan yang baik dan member kesejahteraan bagi masyarakat Indonesia.”

bumi makmur selaras

  1. Latar Belakang Perusahaan

Nama PT. Bumi Makmur Selaras berdiri pada tahun 2002 atas dorongan

ingin menciptakan perusahaan pertambangan local yang menerapkan “Good Mining Practice”. Selaras dengan lingkungan hidup dan peraturan perundang-undangan serta mampu meberikan bumi Indonesia.

Untuk mempelajari “Good Mining Practice” tersebut, perusahaan banyak belajar dari negara-negara Asia, Eropa dan Australia yang telah lebih dulu menguasai bidang pertambangan. Saya belajar bukan hanya melihat potensi bidang pertambangan untuk dijadikan lahan bisnis, tapi juga bagaimana mengembangkan sisi lain seperti masalah sosial, teknologi, keuangan dan sumberdaya manusia. Dengan harapan jika nati terdapat masalah, perusahaan dapat memahami dan mengerti serta segera menemukan jalan keluarnya” ungkap Burhan.

  1. Visi dan misi perusahaan

Nama PT. bumi makmur selaras memiliki filosofi dan arti yang mendalam. Menurut penuturan burhan, bahwa nama bumi makmur selaras sudah ada sejak jaman orang tuanya dan melakat erat dengan filosofi yang di bawa keluarganya. “anugerah tuhan terhadap bumi ini sangat besar dan luas. Banyak hal yang bisa kita gali dan manfaatkan untuk di jadikan bisnis. Tergantung bagaimana manusia mengelolanya sebaik mungkin dan apakah selaras atau tidak dengan hati nurani atas kekayaan yang dilimpahkan tersebut”

Dalam menjalankan usaha di bidang pertambangan ini, PT. Bumi Makmur Selaras selalu bertumpu pada visi dan misi perusahaan yang di yakini selaras dengan alam dan peraturan perundang_undangan yang di buat oleh pemerintah republic Indonesia. Adapun visi perusahaan adalah untuk menjadi perusahaan yang mempunyai reputasi baik dan bersahabat secara lingkungan dan menggunakan dan menggunakan kekayaan sumber daya alam Indonesia secara optimal untuk Negara, perkembangan ekonomi, dan kesejahteraan sosial masyarakat. Sedangkan misi dari perusahaan adalah untuk mengeksplorasi berbagai macam jenis sumber daya alam mineral dan mempraktekan standar tehnik pertambangan secara sempurna baik melalui metodologi dan tekhnologi, meningkatkan kesejahterahan masyarakat secara adil dan bijaksana, serta menciptakan nilai kompetitif dan berkelanjutan dalam mendukung pembangunan Indonesia.

bumi makmur selaras grup OLYMPUS DIGITAL CAMERA

  1. Kepemimpinan

Selaku Direktur PT. Bumi Makmur Selaras, burhan memiliki tugas untuk memimpin perusahaan dan menerapkan prinsip kerja serta kebijakan yang dapat di terima oleh semua pihak. Untuk itu, burhan selalu melihat kebaikan,. Bukan hanya fisik, melainkan juga hati nuranidan keperibadian masing-masing bawahan. Disamping itu, burhan juga membuat sebuah system yang bersinergi dan dapat di jalani bersama, baik dari atasan, bawahan, sampingan, depan, maupun belakang, atau yang juga bisa di sebut system tiga dimensi. System tiga dimensi ini tidak hanya berkembang dari dalam, namun juga dapat bersinergi dengan pihak luar. Artinya, seberapa kuatnya pengaruh yang dapat dikembangkan, system tiga dimensi selalu mempelajari dari orang lain dan diri sendiri tentang apa yang bisa di perbaiki sehingga system ini menjadi bertambah kokoh.

Selain memiliki tugas untuk memimpin perusahaan dan menerapkan prinsip kerja serta kebijakan yang dapat diterima oleh semua pihak, Burhan juga bertugas untuk mrmbawa perusahaan menjadi lebih berkembang dan mampu menerapkan “Good Mining Practice”. Untuk itu, perusahaan selalu bersinergi dengan pemerintah maupun pihak-pihak lain baik dari dalam negeri maupun luar negeri yang berkompeten dalam hal ini. Dengan harapan aktivitas perusahaan berjalan lancer, mendapat kemudahan, dan dapat mengimplementasikan teknologi baru yang didapat dari luar negeri dalam dunia pertambangan di Indonesia.

  1. Mengindahkan hukum

Negara Indonesia adalah Negara hukum, dengan kata lain hukum telah ditempatkan dalam posisi yang tinggi dan menentukan dalam system tatanegara dan pemerintah Indonesia. Prinsip Negara hokum dilihat dari aspek pelaksanaan hukum mengandung arti segala tindakan pemerintah dan masyarakat harus selalu sesuai dengan hokum yang berlaku.

Sebagai warga Negara Indonesia yang taat hokum, Burhan dalam kehidupan sehari-harinya maupun dalam memimpin perusahaan juga selalu berupaya menempatkan hokum dalam posisi yang supreme. “Boleh-boleh saja dan ada saja di dunia ini yang masih kurang. Tapi kami selalu menginginkan hal-hal yang sehat dan tidak ingin dirugikan orang lain. Hendaknya hidup ini lurus-lurus saja, dan ikuti aturan yang ada.” Kata Burhan.

  1. Tata Cara dan Etika Kerja

Setiap perusahaan memiliki filosofi yang berkaitan erat filosofi keluarga yang dipegang teguh itulah, Burhan selalu mengedepankan hati nurani dan akal sehat dalam menjalankan aktivitas perusahaan. “Bumi Indonesia sangat diberkati dengan begitu banyak kekayaan, baik yang diatas maupun didalam bumi. Kami tidak perlu mengambil porsi orang lain apabila kami diberi oleh yang diatas. Kami condong untuk berdiri kokoh ditempat, dan bekerja di wilayah masing-masing. Untuk setiap permasalahan yang muncul, kami selalu mencari jalan keluar bersama-sama dan memberikan peringatan kepada meraka yang tidak benar” kata Burhan.”kami ingin kerja serius, berteman, dan menjaga kepercayaan. Terhadap bawahan, kami ingin meningkatkan kinerja masing-masing, bukan hanya sekedarmenerima upah. Selain itu, kami ingin masing-masing individu bertanggung jawab, berkontribusi untuk berbuat baik serta berprestasi. Kami mendukung hal promosi, dan kami ingin mereka melihat pimpinan sebagai orang tua asuh perusahaan yang member arahan yang benar dan mendidik sehat” sambungnya.

  1. Pengembangan Usaha

Denagan banyaknya berkat yang tersebar diberbagai daerah dibumi Indonesia, perusahaan masih memiliki peluang yang sangat besar untuk mengembangkan usahanya dalam bidang pertambangan. Komoditas seperti emas, batubara, besi, dan tembaga, masih banyak yang belum terjamah dan diproses lebih lanjut. “Kami berencana untuk memperluas wilayah kerja kami dengan tetap memperhatikan aspek lingkungan, peraturan yang berlaku, dan kesejahteraan sosial masyarakat.”

Didukung oleh sumberdaya manusia dan teknologi yang memadai serta jalinan kerjasama dengan pihak-pihak yang memiliki kewenangan dan komptensi baik dari dalam negeri maupun luar negeri, saat ini PT. Bumi Makmur Selaras (Group) telah bersiap untuk mengembangkan usahanyadan terut berperan serta dalam meningkatkan sector pertambangan di Indonesia sehingga dapat membangkitkan pertumbuhan ekonomi dalam negeri. Pada tahap awal ini, perusahaan menitikberatkan pengembangan usahanya di Indonesia terlebih dahulu. Dengan seiring berjalannya waktu, diharapkan nantinya dapat menjadi pilar yang kuat di wilayah Indonesia dan Negara sekitarnya.

bumi makmur selaras grup 2 2j 3h

  1. Pemerintah

Sebagai lembaga penyelenggara Negara, pemerintah merupakan lembaga resmi yang memiliki wewenang dan kekuasaan dalam mengatur kehidupan ekonomi, sosial, dan politik. Dengan adanya wewenang dan kekuasaan tersebut, pemerintah dapat membuat dan menetapkan kebijakan yang berkaitan erat dengan roda perekonomian dan aktivitas perusahaan.

Dalam menjalankan aktivitas usahanya, PT. Bumi Makmur Selaras (Group) selalu beupaya untuk berkoordinasi dengan pemerintah guna menghindari hal-hal negatif yang mungkin terjadi. Walaupun demikian, kadang masih terjadi miskomunikasi antara perusahaan dengan pemerintah, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Hal ini dapat terjadi karena pemerintah itu sendiri dipengaruhi oleh banyak hal. Salah satu contohnya adalah politik. Dengan berubahnya suhu politik di tingkat nasional maupun daerah, tentu membawa dampak terhadap kebijakan yang akan dibuat.

Perusahaan dan pemerintah adalah mitra dalam melaksanakan pembangunan. Pemerintah memberikan kebijakan yang dapat menjalankan roda perekonomian dan mengindahkan iklim investasi, sedangkan perusahaan melakukan investasi yang tepat dan dapat memberikan keuntungan bagi semua pihak. Tampa dukungan dari pemerintah, investasi yang dilakukan oleh perusahaan akan sia-sia. “Kita ini tidak bisa berdiri sendiri, perusahaan dan pemerintah harus bekerja sama dengan erat. Kita harus saling mendukung, saling memerukan, dan saling menopang” kata Burhan.

  1. Pribadi

Burahan Tadjudin dilahirkan di Jakarta, Indonesia. Pada masa kecilnya, Burhan mengikuti pola dan system pendidikan yang umum berlaku. Seiring dengan berkembangnya usia, Burhan menggali ilmu di Singapura lalu melanjutkan ke Sekolah Menengah Atas dan bangku kulia di Inggris. Di Inggris, Burhan juga bekerja namun dalam dunia pertambangan, melainkan dilatih sebagai seorang insinyur. Disana, Burhan dihadapkan pada penelitian dan bekerja diberbagai macam industry. Hal ini tentu menjadi bonus yang sangat besar dan kesempatan yang jarang didapatkan oleh kebanyakan orang.

Saat kembali ke tanah air, dengan berbekal ilmu dan pengalaman yang didapat serta menggabungkan keunggulan dunia timur dan barat, Burhan memutuskan untuk fokus di bidang industry yaitu pertambangan. “Walaupun ilmu dan pengalaman yang saya dapat tidak ada hubungannya secara langsung dengan bidang pertambangan, namun sedikit banyakada hal-hal keunggulan dunia timur dan barat yang saya peroleh dapat disatukan untuk menjadi lebih solid dan efektif” ujarnya.

Hingga saat ini, Burhan tidak henti-hentinya belajar dari orang lain maupun kawan-kawan termasuk junior-juniornya. Dengan terus belajar, kita tentu menjadi lebih bijaksana, waspada, dan memetik pelajaran dari setiap masalah. “Suatu pelajaran jatuh dan bangun, menang dan kalah, adalah hal yang umum. Tapi bagaimana mengimbangi kekalahan dengan berbesar hati dan mau bangkit untuk belajar lagi, adalah hal yang jauh lebih bermakna.”

  1. Akhir Kata

Percaya bahwa Tuhan tidak pernah tidur dan selalu mengawasi dari atas, adalah filosofi yang dipegang teguh oleh Burhan. Hukum alam yang sangat luar biasa dan efektif mengajarnya untuk selalu berhati-hati dalam segala hal. Di satu sisi berprinsip kokoh dan kuat, namun di satu sisi memiliki fleksibilitas yang tinggi. “Hidup hendaknya mengalir seperti air. Bisa menjadi padat namun bisa juga mengalir ke berbagai arah dan berubah bentuk. Kita juga tidak bisa semata-mata menelan setiap masalah dengan mentah-mentah, namun harus kita ambil hikmatnya. Kita harus mengerti dan bijaksana” ujar Burhan Tadjudin mengakhiri pembicaraan.

Copyright © 2016 Profil Indonesia | kisah sukses – profil daerah- profil top – biografi – company profile – profil sukses.