Dra. Hj.RAHMI LESTARI RAHAYUNI,MPd

Lingkungan Hidup

adalah Bagian dalam Jiwanya

 

Rahmi 1Bagi keluarga besar SMA Negeri 1 Prembun, nama Dra. Hajjah Rahmi Lestari Rahayuni, M.Pd sesuatu yang tidak luar biasa. Di tangan dinginnya, sekolah negeri ini berkembang pesat, khususnya dalam prestasi.Wanita pendidik yang berjuang membangun kemandirian dengan mewujudkan karakter peduli lingkungan dan cinta tanah air bagi peserta didiknya ini senantiasa selalu berkomitmen untuk melaksanakan pendidikan lingkungan hidup.Rahmi selalu ingin pendidikan lingkungan hidup dapat berjalan atau diterapkan di jalur pendidikan formal dan non formal.Bahkan dia dijuluki sosok pengabdi lingkungan yang berprestasi diberbagai bidang lingkungan hidup.

Menurut wanita pendidik yang ingin berjuang membangun kemandirian ini, ada satu benang merah yang menghubungkan karakter peduli lingkungan dan cinta tanah air sebagai upayanya membangun kemandirian.“Bangsa yang besar adalah bangsa yang mandiri, “ujar Rahmi.Salah satu indicator bangsa yang mandiri itu menurutnya, adalah bangsa yang mempunyai kepedulian yang tinggi terhadap tanah airnya.Inilah yang selalu diperjuangkan oleh Rahmi.Kecintaannya terhadap konservasi lingkungan telah membuatnya selalu komitmen untuk menerapkan pendidikan lingkungan hidup bagi sekolah yang dipimpinnya.“Sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Quran surat Al-baqarah ayat 30 menyiratkan bahwa, “Manusia dijadikan Allah sebagai khalifah di bumi,” maka dari itu wajib bagi kita untuk memelihara amanah ini dengan benar.

Semangat membangun kemandirian diwujudkan dengan karakter peduli lingkungan dan cinta tanah air.Melalui wahana pekerjaan yang digelutinya sebagai pendidik dengan tugas yang diembannya sekarang sebagai kepala sekolah di SMA Negeri 1 Prembun.“Meskipun saya ini disibukkan sebagai pendidik di sekolah, tapi saya masih menyempatkan aktivitas membina kemandirian masyarakat melalui kegiatan kader lingkungan hidup LIBERTTI, “ungkap wanita yang telah menerima sepuluh macam penghargaan ini.

Aktivitas Lingkungan Hidup Informal

Edukasi lingkungan dalam ruang lingkup informal dilaksanakan Rahmi melalui edukasi di masyarakat.“Edukasi lingkungan informal dilaksanakan bersama kelompok kader lingkungan hidup K2LH LIBERTTI di kawasan Kebumen, “ungkapnya.Pelaksanaan kegiatan edukasi lingkungan informal juga sudah berjalan cukup lama sejak tahun 2002, hingga sekarang.Dimulai saat dimulai merintis mendirikan majelis taklim pengajian untuk para ibu dilingkungannya.

Bersama dengan para kader lingkungan lainnya, Rahmi aktif melaksanakan berbagai kegiatan pelestarian lingkungan hidup lewat edukasi konservasi dengan mengolah limbah di kawasan home industry, memproduksi bahan daur ulang menjadi produk yang dapat dipakai lagi di Kebumen dan sekitarnya. Menurut Rahmi, meningkatkan partisipasi masyarakat pada pengelolaan lingkungan hidup melalui kegiatan kader dan mandiri. Menanggulangi kerusakan lingkungan kali bersih tata ruang galian C dan konservasi lahan yang banyak terjadi di Kebumen, “paparnya.

Ia mengatakan dalam rangka membangun masyarakat yang mandiri itulah, pihaknya membina Madrasah berbasis LH “Nurrussulaiman” di Desa Seliling Alian Kebumen. Dengan melibatkan masyarakat sekitar madrasah serta pemberdayaan lingkungan hidup para wali murid dan pemberdayaan perempuan untuk meningkatkan taraf pendapatan dan kemandirian keluarga.

Karier Pribadi

Rahmi 16 Rahmi 17 Rahmi 18 Rahmi 19 Rahmi 20 Rahmi 21 Rahmi 22Rahmi memang sejak kecil telah bercita-cita ingin menjadi seorang pendidik.Bahkan pada masa kanak-kanaknya, Rahmi telah senang bermain menjadi seorang guru dan ternyata permainan itu menjadi kenyataan, disaat tumbuh dewasa.“Pendidik itu adalah pekerjaan yang menarik, harus sabar dan gigih serta tidak pantang menyerah, tidak putus asa, penuh kasih saying, penuh harapan, dan hasil pendidikan tidak dapat dilihat dengan cepat, melainkan dampaknya baru akan terlihat jauh dikemudian hari.Artinya menjadi pendidik itu adalah panggilan hati, “kata Rahmi dengan riang.

Berlatar belakang pendidikan sarjana Pendidikan Biologi, lulusan Universitas Negeri Yogyakarta, Rahmi ingi berperan dalam menunjukkan generasi penerus yang memajukan bangsanya.Mewujudkan generasi yang mandiri, cerdas, dan cinta tanah air.Ia juga mengaku ingin mendarmabaktikan ilmunya agar bermanfaat. Oleh karenanya, Rahmi menuturkan memilih kariernya sebagai guru serta aktivitas di masyarakat. Hingga ia kemudian diangkat menjadi Kepala Sekolah di SMA Negeri 1 Prembun.

Kesadarannya akan pentingnya membangun kemandirian dan kecintaaannya akan konservasi lingkungan menjadikan Rahmi berkomitmen melaksanakan pendidikan lingkungan hidup. Pendidikan lingkungan hidup menurut pendapat Rahmi, sangat mendorong dan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk memperoleh pengetahuan, ketrampilan dan sikap, serta pada akhirnya dapat menumbuhkan kepedulian, komitmen untuk melindungi, memperbaiki serta memanfaatkan lingkungan hidup secara bijaksana, turut menciptakan pola perilaku baru yang bersahabat dengan lingkungan hidup, mengembangkan etika lingkungan hidup dan memperbaiki kualitas hidup.

Prinsip inilah yang menurut Rahmi diterapkan dimana saja ia bekerja. Demikian pula dengan sekolah yang diasuhnya.“Pendidikan lingkungan hidup di SMA Negeri 1 Prembun bertujuan membina dan mengembangkan anak didik agar memiliki sikap dan tingkat laku yang rasional dan bertanggungjawab dalam rangka memelihara keseimbangan system lingkungan dan sumberdaya secara bijaksana, serta melakukan konservasi mencegah lingkungan.

Ada banyak pengalaman yang menurutnya sangat menarik sebagai pendidik dalam menerapkan pendidikan lingkungan hidup. Prinsip pendidikan lingkungan hidup akan dapat berjalan dengan baik, bila diterapkan pada semua lini dan semua warga sekolah. Membangun kepedulian harus mulai dari pembiasaan dan pemberian contoh.Sebab pendidikan kepedulian merupakan suatu langkah mendidik semua warga sekolah.Membangun kepedulian dikatakan, harus mulai dari pembiasaan dan pemberian contoh.Sebab pendidikan kepedulian itu adalah suatu langkah mendidik semua warga sekolah.

Sebagai Kepala Sekolah, Rahmi mengaku membentuk kultur sekolah yang erat hubungannya dengan visi yang dimiliki. “Dengan gigih saya terus menggerakan, memotivasi, mengajak, dan membimbing, serta membina untuk mewujudkan kepedulian warga sekolah serta khususnya peserta didik.

Suka Duka Sebagai Pendidik

Rahmi 2 Rahmi 3 Rahmi 4 Rahmi 5 Rahmi 6 Rahmi 7 Rahmi 8 Rahmi 10 Rahmi 11 Rahmi 12 Rahmi 13 Rahmi 14Menurut Rahmi, sebagai seorang pendidik ia memiliki kesempatan untuk dapat menyampaikan pokok pikiran dan gagasan cita-citanya pada para siswa didiknya. “Saya dapat menyampaikan pesan ide yang baik demi kemajuan siswa, sekolah serta masyarakat dalam kehidupan berbangsa.Sehingga semua dapat bekerjasama dengan adanya komunikasi dan ikatan batin yang khas antara guru dan murid, “ujar Rahmi.

Sebagai Kepala Sekolah ada banyak suka yang dialami, dimana yang paling menyenangkan untuknya, yakni ketika semua steakholder sekolah melaksanakan program dalam mewujudkan keberhasilan pendidikan di sekolah. “Bekerja keras bersama-sama sangatlah menyenangkan baginya, apalagi secara bersemangat, kompak, ikhlas serta penuh dedikasi, “paparnya.Rahmi pun mengaku bersyukur rekan-rekannya mau kompak, ikhlas dalam bekerja serta penuh dedikasi.Ia juga sangat senang dengan terwujudnya sikap yang peduli.

Tidak hanya senang, ia pun sempat mengalami yang namanya duka saat harapannya tidak berjalan dengan baik. Hal tersebut pernah dirasakan, ketika perjuangannya dalam mewujudkan kepedulian warga sekolah harus melalui proses yang begitu berat. Namun Rahmi menuturkan tidak pernah menyerah, dimana akhirnya kesadaran kepedulian ternyata harus tumbuh melalui proses dan waktu.

Peran Keluarga dan Pesan untuk Generasi Bangsa

Keluarga menurutnya sangat mendukung. Keluarga telah membangun budaya prestasi, sehingga ia dapat sukses bersama. Sedangkan mengenai ide yang ingin disampaikan untuk kemajuan bangsa Indonesia, terkait dengan dunia pendidikan, yakni bangsa yang besar adalah bangsa yang mampu menghargai dirinya.Menurut Rahmi, dalam system pendidikan bangsa Indonesia harus mampu mewujudkan prestasi serta memupuk kecintaan dan penghargaan pada tanah air dengan tindakan riil kepedulian. “Bangsa Indonesia harus lebih percaya diri serta tidak berkiblat dengan system lain guna mengarahkan pendidikan kita, “ujarnya member solusi.

Rahmi juga menyampaikan gagasannya untuk kemajuan bangsa, terkait dengan dunia pendidikan, yaitu menciptakan pendidikan berkarakter yang saat ini, sedang diterapkan sebagai suatu langkah yang bagus.“Tetapi kita harus waspada dan yakin benar bahwa karakter itu bisa terwujud, membantuk karakter bukan pekerjaaan yang mudah dan sesaaat.Harus ada kesungguhan, ketekunan dan kesabaran.Untuk mewujudkan karakter peduli lingkungan dikalangan generasi muda, maka para orang dewasa harus menjadi model moral, “ungkapnya menjelaskan ide.

Rahmi juga ingin memberikan pesan bagi penerus bangsa, khususnya siswa dan siswi SMA Negeri 1 Prembun agar menjadi generasi yang berprestasi, beriman, bertakwa serta peduli dan mencintai tanah air. Atau berbuat yang terbaik untuk bangsa, dimanapun mereka berada.Prembun dapat melanjutkan pendidik yang lebih tinggi dan dapat mendharmabaktikan ilmunya untuk Negara.“Semoga semua generasi penerus dapat sebagai generasi yang berprestasi, beriman, bertakwa, peduli dan cinta tanah air.Kelak berperan sebagai apapun, maka saya berdoa semoga visinya mewarnai setiap tindakan dan keputusan yang dipilihnya, “kata Rahmi.

Prestasi Rahmi

  1. Pembimbing peneliti terbaik kedua bidang ilmu social dan kemanusiaan RKIR LIPI 2001.

  2. Pembimbing Pengusul Riset Terbaik Tingkat Nasional LIPI 2001.

  3. Juara 1 Nasional Lomba Karya Penelitian Bidang Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup (PKLH) Departemen Pendidikan Nasional Jakarta tahun 2003.

  4. Penghargaan guru berprestasi kabupaten Kebumen tahun 2003/2004.

  5. Pemenang 1 Kalpataru pengabdi lingkungan propinsi Jawa Tengah tahun 2012

  6. Kepala Sekolah Berprestasi 2012 di Kabupaten Kebumen.

  7. Penghargaan berprestasi sebagai pengabdi lingkungan dari Bupati Kebumen dalam rangka hari jadi Kebumen 2013.

  8. Penghargaan Top 25 Award Kategori School Higly Recommended Of The Year.

  9. Penghargaaan Indonesia Creativity Award Kategori The Best Education of The Year

  10. Penghargaan Indonesia Award 2013 Kategori The Best Education and Educator of The Year.

Sejarah Berdirinya SMA Negeri Prembun

SMA Negeri 1 Prembun berdiri tahun 1982.Sekolah ini berada di daerah local pertanian di Kecamatan Prembun Kabupaten Kebumen.Awal berdiri, dimulai dengan 3 rombel hingga kini formasinya dengan 27 rombel adalah sekolah kategori mandiri.

Visi SMA Negeri 1 Prembun yakni pendidikan berkualitas, berjati diri bangsa, berprestasi dalam imtaq dan iptek, serta berwawasan lingkungan hidup. Sedangkan misinya adalah :

  1. Menyelenggarakan pembelajaran berkualitas secara professional, efektif, efisien berdasarkan kurikulum yang berlaku.

  2. Meningkatkan kualitas pelayanan dan sarana belajar yang memadai, mengikuti perkembangan iptek.

  3. Meningkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan serta membina akhlak mulia yang terintegrasi dalam semua aktivitas.

  4. Menanamkan dan menerapkan budi pekerti serta nilai-nilai luhur bangsa dan cintah tanah air.

  5. Mewujudkan manusia sebagai Pembina lingkungan hidup yang peduli memelihara pelestarian lingkungan, bertindak mencegah terjadinya pencemaran dan bertindak mencegah kerusakan lingkungan.

  6. Memberikan kesempatan pengembangan potensi bakat dan prestasi peserta didik seoptimal mungkin, melalui kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler.

  7. Menciptakan iklim kondusif untuk terlaksananya tugas pokok fungsi sekolah dan menyediakan komunikasi serta koordinasi dengan mitra sekolah demi terlaksananya program sekolah.

Menurut Rahmi, partisipasi peserta didik generasi muda sangat diperlukan dalam keikutsertaannya mengelola lingkungan. Karena generasi muda merupakan motor penggerak dan jug aide-ide cemerlang yang sangat diperlukan untuk membantu mengatasi masalah lingkungan. “Kepedulian peserta didik terhadap lingkungan akan berpengaruh positif terhadap kepedulian masyarakat terhadap linkungan, “ujar Rahmi. Pembentukan kepribadian generasi muda yang bersih dan cinta lingkungan perlu proses panjang, tetapi aplikasi peran itu di masa depan diharapkan dapat berdampak baik baik keberlangsungan bangsa Indonesia.

Menurutnya, manusia sebagai bagian dari alam. Alam mempunyai keterbatasan untuk dimanfaatkan terus oleh manusia sama seperti manusia, alam memiliki umur, maka manfaatkanlah alam dengan bijak dan hati-hati. “Untuk itu mari kita ubah pola pikir kita menjadi generasi muda yang menghargai dan menjaga alam dengan arif dan bijak, dengan menjaga kualitas lingkungan baik tentang estetika, etika maupun keberlangsungan sumber daya alam dan energy yang berguna untuk keseimbangan ekosistem.”

Dalam penanaman budaya cinta lingkungan di SMA Negeri 1 Prembun tidak hanya melalui pembelajaran klasikal dalam kelas atau teoritis, melainkan dapat diwujudkan dengan tindakan baik dalam pembelajaran intra maupun ekstra di sekolah.

Dunia pendidikan adalah dunia yang sangat menarik.Dunia pendidikan suatu asa atau harapan.Kita menjadi pendidik dengan penuh ketekunan dan kesabaran dan tidak putus asa memberikan pengajaran pendidikan dengan penuh harapan, mewariskan pemikiran dan gagasan kelak dikemudian hari.Generasi muda yang kita didik berhasil.“Pendidikan lingkungan hidup mewujudkan manusia yang peduli dikemudian hari, dengan profesi apa pun akan menjadi manusia Pembina lingkungan hidup, “ungkap Rahmi.

Strategi SMAN 1 Prembun

Strateginya adalah menerapkan atau mempertimbangkan berbagai potensi dan kekuatan sekolah serta peluang yang dapat diraih dengan memperhitungkan kendala hambatan, maka sekolah menentukan strategi arah yang ditempuh dengan pertimbangan itu.Kepala Sekolah sebagai leader menentukan strategi untuk menuju menjadi sekolah yang terbaik.SMAN 1 Prembun memulai langkahnya dengan menentukan menjadi sekolah berwawasan lingkungan hidup.

Sekolah berwawasan lingkungan hidup, kurikulum berwawasan lingkugnan hidup, budaya sekolah yang berkarakter peduli lingkungan.Pendidikan lingkungan hidup dalam KTSP SMA Negeri 1 Prembun muncul sebagai mata pelajaran khusus secara monolitik dalam maple mulok PKLH.Esensi materi pelajaran pendidikan lingkungan hidup (PLH) muncul secara terintegrasi dengan semua mata pelajaran yang lainnnya.

Sedangkan obsesi SMA Negeri 1 Prembun, ingin menjadi sekolah yang kompetitif berprestasi dibidang akademik dan non akademik sekolah berkarakter yang mengamalkan imtaq, menjadi sekolah yang terdepan dalam menerapkan kepedulian lingkungan.

Menyikapi competitor, Rahmi mengatakan tidak cepat merasa puas dengan hasil yang diperolah, namun secara kreatif untuk selalu berusaha berubah lebih maju demi meningkatkan kualitas sekolah.Untuk menjadi sekolah yang handal perlu selalu melakukan inovasi terbaik terus menerus dan menerapkannya pada penyelenggaraan sekolah, setiapkali harus ada perubahan untuk lebih sempurna, dengan langkah itu maka SMAN 1 Prembun selalu siap kompetitif.

Ada pun langkah yang diterapkan dalam membina Sumber Daya Manusia dan Siswa-siswinya, SMAN 1 Prembun, yakni memilah sampah organic dan an-organik seperti plastic, kertas dan daun. 2. Belajar membuang sampah pada tempatnya, jika dikendaraan umum, maka disimpan dulu dalam tas lalu setelah turun dan menemui tempat sampah baru dibuang ke termpat sampah. 3. Melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka dan pmr diadakan kegiatan kebersihan, penanaman pohon dilingkungan sekolah, outbond dan pemberian materi arti pentingnya kebersihana diri dan lingkungan hidup.

Sementara yang diharapkan pada pemerintah adalah dukungan penuh dalam rangka memajukan keberhasilan dan prestasi sekolah baik melalui bantuan operasional maupun dukungan lainnya. Dan prestasi selama 6 tahun sekolah ini adalah predikat sekolah hijau kabupaten menetapkan bahwa sekolah menerapkan program Adiwiyata SMA Negeri 1 Prembun tahun 2008, dan memperoleh predikat sekolah adiwiyata propinsi, dan sekolah penyelenggara pendidikan lingkungan hidup terbaik ke-3 di propinsi, dan sejumlah prestasi besar lainnya yang maa begitu banyak.

Copyright © 2016 Profil Indonesia | kisah sukses – profil daerah- profil top – biografi – company profile – profil sukses.