H. WIRA PRADANA, ST

Usahawan Muda BERPENGHASILAN MILIARAN

DARI JURUSAN PERTAMBANGAN ITB

H. WIRA PRADANA, STTerlahir di Kota Malang Jawa Timur pada tahun 1981, putra dari anak seorang dosen dan guru ini telah menjelma menjadi seorang milyarder. Haji Wira Pradana, ST, demikian sosok pengusaha muda ini. Memulai karier dari usaha kaos, dan pulsa pada saat kuliah di Institut Teknologi Bandung, jurusan pertambangan, membuat, pria yang mempunyai empat orang anakini dikenal sebagai seorang “Usahawan Muda”. Penghasilannya telah mencapai angka miliaran rupiah. Sungguh suatu kerja keras yang patut banyak ditiru orang. Mengingat perjuangannya untuk mendapatkan semua itu dilaluinya tanpa hal yang mudah. Dibutuhkan kesabaran dan keuletan. Kata putus asa sepertinya tidak pernah terlintas dalam benaknya. Terbukti, ada saja idenya untuk mengembang berbagai usaha.

Menurut Wira Pradana, semuanya itu ditekuninya, karena hidup sebatangkara, jauh dari orangtua yang tinggal di Malang. “Maklum saya ini perantauan, kuliah di ITB Bandung, sedangkan orangtua di Malang, jadi saya harus bisa menghidupi atau menambah uang saku sendiri, selain kiriman dari orangtua, “ujar pria lulusan terbaik saat sekolah di Sekolah Menengah Atas maupun waktu di SLTP dan SD. Sejak bangku kuliah, memang Wira sudah terjun menggeluti bisnis bersama rekan-rekannya, sehingga banyak sekali pengalaman hebat yang sudah dilaluinya, baik sebelum menjadi Pengusaha hingga menjadi pengusaha sukses sekarang ini.

Kesuksesannya sebagai Usahawan telah membantu banyak orang dengan latar belakang etnis, ekonomi dan sosial yang eli wira IMG_0008berbeda-beda, berubah hidupnya dan keluar dari berbagai masalah kehidupan. Selain itu, Wira juga telah menginspirasi orang-orang dalam hal pengembangan diri baik pengetahuan maupun segi taraf ekonominya, sehingga telah berhasil melahirkan leader-leader yang berpenghasilan puluhan juta per bulannya.

PT Global Media Nusantara dan Filosofinya

PT. GMN didirikan di kota Bandung pada tahun 2005, dan kini telah memiliki hampir 20 kantor perwakilan yang tersebar di wilayah Indonesia bagian barat maupun timur. Perusahaan ini tergolong relatif cepat dan pesat berkembang. Sejumlah sertifikat, penghargaan, dan prestasi telah diraih, misalnya rekor MURI untuk pembuatan website terbanyakdalamwaktutercepat, sertifikat halal MUI, dan ISO 9001. “Untuk saat ini perkembangan zaman harus bisa diikuti.Dan itu terjadi pada tahun 2008 hingga 2010,pada saat itu pulsa bisa mudah diakses.Fitur yang saya tawarkan menjadi barang umum, tidak spesial lagi. 2009 akhir saya mulai berinvestasi di bidang lain, yakni mengelola website. Orang awam bisa bikin web dengan singkat, “ungkapnya. Beliau juga menuturkan buat website yang bagus dapat dilakukan dengan instan. Kelolanya seperti facebook aja.

Saya buat toko online. Dengan sistem install, murah sekitar 2 jutaan, atau sistem domain satu tahun. Orang awam teknologi atau siswa SMA/SMK bias diajarkan membuat website dalam tempo 2 jam. Kita juga coba kombain dengan pelatihan internet marketing, biasanya ada jadwalnya. Kita aplikasinya terhadap produk ini. Mereka harus beli produk. Padatahun 2010, kita berpikir untuk meningkatkan kesejahteraan agen dari produk2 yang dibutuhkan member kita. Mempromosikan produk yang kita jual. Kita kerjasama dengan insuranse atau asuransi. Kita berikan komisi. Bisnis itu yang paling penting membangun komunitas dulu, “paparpria multi talentaini.

Beberapa perusahaan besar dan lembaga tinggi Negara (DPRRI) pun telah memanfaatkan jasa  teknologidari PT GMN bersama PT Surya Lintas Global.Perusahaan inidi kelola secara professional dengan melibatkansumberdaya manusiakompetensertaberintegritas, dan didukung oleh fasilitas teknologi informasi yang canggih, Legalitasnyajelas.Kehadiran PT. GMN, semenjak awal dimaksudkan sebagai bentuk komitmen dan keterpanggilan jiwauntuk “menjadi peluangusaha terbaik di dunia” yang memberikan manfaat bagi sebanyak mungkin uma tmanusia di mukabumi. Ada dorongan kuat untuk dapat menjadi “kendaraanandalan” menuju kehidupan lebih baik bagi sebanyak mungkin orang.Atasdasaritu, PT GMN sangat dituntut untuk dapat mempersembahkan kebaikan terbaik yang berguna bagi mereka yang membutuhkan peningkatan taraf hidup, apa pun dansiapa pun mereka; hal yang demikian itu pada hakikatnya ibadah. Itulah filosofi kehadiran PT GMN.

BLS Bandung April 2013Komitmen dan panggilan jiwa semacam itu dimaknai sebagai sesuatu yang luhur, mulia, dan memenuhi seruan Tuhan untuk beribadah/berbuat kebajikan.Juga, sebagai bentukkecintaan dan tanggungjawab kepada bangsa dan tanah air Indonesia yang mendambakan kehidupan masyarakat bermartabat yang adil dan makmur. Saya senang jalan-jalan ke alam. Saya memang kerjanya survai-survai ke alam, senang aja, adventure begitu, “pungkasnya.

Hal ituberarti, PT GMN secara moral memang terpanggil untuk menyediakan ruang usaha dan jalan bagi semua orang untukdapat menjadi kaya dan lepas dari jerat kemiskinan.Hal tersebutjugasejalan dengancita-cita semua agama dann egeri di mukabumi.Sebab, semua agama tidak ada yang menginginkan umatnya terbelenggu dalam kemiskinan, kesengsaraan, kebodohan, dan keterbelakangan.Juga tidaksatu pun negeri yang rela warganya berkubang dalam kemiskinan, kemelaratan, kebodohan dan keterbelakangan.

Pemikiran filosofis tersebut juga sekaligus mengandung pengertian untuk senantiasa terjaga dan menjaga diri dari hal-hal yang melanggar etika, moral, hukum, dan norma yang berlaku. Dalam hubungan ini, PT. GMN tidak ingin sedikit pun mengambil keuntungan dan mengajak orang lain berusaha di lahanusaha yang melanggar hukum Negara maupun syariat agama, termasuk yang bersifat mengeruk dan merusak lingkungan. Itulah sekilas warna pemikiran yang mendasari kehadiran dan keberadaan PT. GMN.

Obsesi saya bukan ke arah ekonomi, tapi bagaimana mengajak masyarakat hidup sejahtera dalam bisnis ini. Mereka bisa hidup meningkat hidupnya, dancara berpikirnya bisaberubah, bahkan yang semula rumahnya gubuk kini sudah pakai mobil BMW. Ini bisnis sebagai alat untuk merubah kehidupan. Bagisaya bagaimana pendidikaninidapat memberikan nilai-nilai moral dan sikap sukses. Sayaberikan dalam bentuk silaturahim. Pendidikan dalam bentuk praktik. Member aja yang kita ajak. Kurikulum IMSI ( International Milionare School Infinity). Dengan mengikuti kurikulum ini bisa menuju sukses. Seminar motivasi di luar bagus, ilmunya ada, praktiknya di sini. Belajar bisnis dapat motivasi dan pembelajaran luar biasa. Dapat umroh gratis, dan diwisuda juga di IMSInya dengan kategori telah dapat uang 60 juta perbulan, “ujarnyamenjelaskan.

Melaluiproduk-produk yang dimunculkan beserta system danfasilitas-fasilitas yang tersedia. PT. GMN mengajak sebanyak mungkin orang untuk produktif dan berhasil secara ekonomi (menjadi orang kaya yang sejahtera, lunas membayar masa depan dan bebaswaktu), membangkitkan optimism dan semanga tkerja mereka dengan menyediakan insentif memadai atas setiap prestasi sehingga siapapun berpeluang untuk memperoleh pendapatan tinggi dalam waktu relative cepat. Menurut Wira, hal demikian itu sudah semestinya menjadi impian setiap member atau partisipan yang bernaung di bawah kegiatan bisnis yang diusahakan PT. GMN.

SosokPendiri PT GMN

H. WiraPradana ST adalah sosok pendiri, sekaligus pemilik PT GMN. Beliau adalah sarjana Teknik Pertambangan ITB lulusantahun 2006.Dengan usia 32 tahun, anak pertama dari tiga bersaudara ini, telah mampu terjun di dunia wirausaha. Wira, begitu sapaan kecil atau akrabnya, sangat condong pada dunia usaha.Semenjak semester-semester awalkuliah di ITB, ia sudah meminta izin dan modal kepada orangtua untuk terjun bisnis, yakni kebisnis jaringan; belajar berbisnis dengan mengikuti salah satu bisnis jaringan kelas dunia yang tengah ‘Naikdaun’ di Indonesia.

Hal itu ditekuninya hinggam encapai “Level penghasilan menengah”. Wira baru berhenti setelah dengan teman-temannya sesame mahasiswa ITB membuat perusahaans endiri (memproduksip esawat telepon rumah tanpa kabel); kongsi mereka yang masih ABG tersebut relative tak bertahan lama.Wira pun yang masih berstatus sebagai mahasiswa, melanjutkan kegiatan berbisnis dengan mendirikan perusahaan miliknya sendiri yakni PT GMN pada tahun 2005.Setelah menamatkan S-1nya.Wira ditawari oleh direksi dan komisaris salahs atu BUMN untuk bekerja di sana. Namun, sarjana teknik pertambangan tersebu tlebih tertarik berkiprah di PT GMN yang telah digagas dan dirintisnya.

Mereka mendatangkan perangkat dari china. Akhirnya saya mundur. Dari situlah saya mendirikan PT Global Media Nusantara 2005. Saya kuliahnya lama. Saya hampir Drop Out gara-gara bisnis, belajar bisnis sambil kuliahsich. Jadi tidak ada beban, kalo belajar bisnis paling tepat saat belum lulus kuliah. Bisnis harus rugi dulu, nabrak2 dulu. Sebaliknyakalau setelah lulus jualan kaos malu. Di situ saya mulai buat bisnis yang serius dengan perangkat telekomunikasi meski bangkrut. Kini saya ingin buat sendiri tetap di bidang telekomunikasi,semula perangkatnya, sekarang saya dibidang jasanya. Tahun 2006 saya jadi agen pulsa saya kelola. Trus saya pelajari konsep pemasaran, network marketing. Saya kerja di marketing dan punya perusahaan sendiri. Saya memperbanyak agen saya, agar makin banyak. Jualan pulsa, saya cari agen2. Setelah mengerti saya mencari agen, saya merubah agen mencari uang, dengan harga murah sesuai agen. Minimal untuk keluarga. Semua user bisa gunakan waktu itu. Saya bisa transferkan kepada agen2 yang ditunjuk, “katanya.

Bagi mahasiswa pada umumnya, yang terjun kedunia bisnis sewaktu masihkuliah, dapat dipastikan menempatkan kuliah sebagai sesuatu yang lebih diutamakan.Pendirian mereka adalah “kuliah sambil bisnis”.PendirianWira sama sekali berbeda. Ia berpendirian, sebaliknya yakni “bisnis sambil kuliah.” Mungkin karena pendirian semacam itu membuatnya nyaris drop-outdari ITB. Namun, pendirian itu pula yang membuatnya betul-betul “Wira” (gagah berani) berwirausaha sehingga PT. GMN berkembang pesat, sampai-sampai pernah omzet usahanya meningkat hingga 3000 persen dalams etahun. PT. GMN pun memiliki beberapa anak perusahaan.

Di samping memiliki PT. GMN dengan sejumlah anak perusahaannya.Wira juga pemegang saham mayoritas pada PT Surya Lintas Global yang bergerak menjajakan jasa teknologi informasi.Untuk mendukung kepiawaiannya dalam dunia bisnis, Wira Pradana sangat gemar membaca kisah sukses pebisnis kelas dunia serta mengikuti pelatihan dan seminar dari orang-orang terbaik, seperti Robert T. Kiyosaki (Guru FinansialTerbaikDunia), Anthony Robins (Pembicaradan Motivator Nomor 1 Dunia), Dr. Ernst Wong (PakarPendidikanBisnisSingapura), dan Tung DesemWaringin (Pembicaradan Motivator Terbaik Indonesia).

Sayajugapernahmengikutipaparantentangfilosofi “MATA HARI”, salahsatuperusahaanritelraksasa di Indonesia, yang langsungdisampaikanolehpemiliknya, HariDarmawan; konon, perusahaantersebutdiberinama “Mata Hari” karenadiharapkanmenjadi“Mata” dari “Hari” yang “Darmawan” alias dapatmempersembahkankedarmawanandariharikeharisebagaimanadermawannyamatahari.

Padatahun 2012, WiraPradanamemperolehpenghargaan The Winner Indonesian Award 2012 yang ditandatanganitigamenteri.Suatupenghargaanbergengsi yang diperuntukankepadapribadi yang dinilai “Berkualitas, energik, intelek, memilikiloyalitasdandedikasitinggi, professional danberprestasi.

Kisah ini sedikit banyak dapat menunjukkan kesejatian seorang Wira Pradana, perintis sekaligus pemilik PT GMN.Padadirinya kental jiwa kewirausahaan, kaya gagasan dan terobosan, memiliki semangat pantang menyerah, visionerdanberanimengambilrisiko.Bersamaandenganitu, ia juga sangat dikenal memiliki integritas tinggi, bertanggungjawab, religius, bersahaja, dapatdipercaya, arif, santun, dan kental berpikiran positif.

Copyright © 2016 Profil Indonesia | kisah sukses – profil daerah- profil top – biografi – company profile – profil sukses.